Kymco Community  

Go Back   Kymco Community > Forum Umum > Pengumuman Penting

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #21  
Old 04-30-2012, 09:49 AM
kendi_item kendi_item is offline
Junior Member
Knocker
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 2
Default

berrrtanya...
saya masih blm paham tentang dunia samsat..
begini, adik saya akan pindah dari palembang ke surabaya dengan membawa sepeda motornya.
nah, tentang kebijakan pempov tentang 'bebas' beberapa pajak dan denda...untuk membawa masuk sepeda motor dari palembang ke surabaya itu namanya mutasi ya? apakah dari palembang tetap bayar ya? dan baru masuk surabaya yang bebas biaya ya?

mohon infonya...

makasih.
Reply With Quote
  #22  
Old 04-30-2012, 01:12 PM
thoni's Avatar
thoni thoni is offline
Member
First Attack
 
Join Date: Aug 2010
Location: Tropodo, Sidoarjo
Posts: 32
Default Share ttg MUTASI

Quote:
Originally Posted by kendi_item View Post
berrrtanya...
saya masih blm paham tentang dunia samsat..
begini, adik saya akan pindah dari palembang ke surabaya dengan membawa sepeda motornya.
nah, tentang kebijakan pempov tentang 'bebas' beberapa pajak dan denda...untuk membawa masuk sepeda motor dari palembang ke surabaya itu namanya mutasi ya? apakah dari palembang tetap bayar ya? dan baru masuk surabaya yang bebas biaya ya?
sharing pengalaman, semoga bisa menjawab pertanyaan om Kendi ..

Bulan Maret kemarin saya pindah plat nomor motor dari Surabaya ke Sidoarjo.
yang saya lakukan
Mutasi keluar:
yaitu proses cabut berkas dari samsat asal (Surabaya Barat). Persyaratannya BPKB, STNK, KTP pemilik baru, & kuitansi pembelian bermaterai (formalitas aja, biasanya bisa dibikinkan petugas fotocopy).
Di samsat langsung aja ke tempat fotocopy, biasanya petugas fotocopy udah tahu berapa & apa saja yg harus difotocopy.
Prosesnya, - fotocopy persyaratan - cek fisik - dst... - nanya aja ke information, nanti dijelaskan prosesnya.
proses pengurusan berkas 1 - 2 jam, terus kita diminta menunggu kesiapan berkasnya selama 2 minggu.
Biaya :
- perpanjangan STNK 1 bulan = 1/12 x pajak tahunan.
- 75rb (di kasir).
- biaya fotocopy + materai = 15rb.
- beberapa loket minta biaya = 10 - 20 rb ( gak tahu ini legal atau tidak)
Biaya total sekitar 200rb.
Mutasi Masuk:
yaitu proses balik nama (pembuatan STNK baru + perubahan BPKB) di samsat yang di tuju( Sidoarjo). Berkas yg dari samsat lama kita bawa ke samsat yg akan kita tuju, langsung ke tempat fotocopy (sekalian nanya prosesnya).
Proses: - Cek fisik - isi formulir - berkas dll dimasukkan ke loket 1 - nunggu panggilan untuk bayar pajak - bayar biaya BPKB - bayar biaya plat + ...(lupa). Lama pengurusan sekitar 2 - 3 jam. Langsung terima STNK + plat nomor baru. BPKB jadi sekitar 1 bulan.
Biaya:
- Pajak, sebesar pajak tahunan seperti biasa ( BBN gratis) = 170rb
- Biaya plat + ... = 85rb
- Biaya BPKB = 85rb
- Biaya fotocopy + map + plastik STNK = 15rb
- Biaya mengisi formulir = 3rb (ada jasa menuliskan formulir, enak hanya 3rb tinggal nungguin 5 menit, soalnya kalau belum biasa bingung juga isi formulirnya).
Biaya total, 360rb
Biaya keseluruhan = 560rb (termasuk pajak 1 tahun)

Awal april saya juga mutasi mobil dari Surabaya Utara ke Sidoarjo,
Biaya yg saya keluarkan
- mutasi keluarnya cuma pajak 1 bulan + 75rb + biaya fotocopy, gak ada biaya yg lain di tiap loket.
- mutasi masuk biaya hanya 250rb + pajak tahunan
Jauh lebih murah dari biro jasa yg menawarkan 2jt untuk mutasi mobil.
__________________
Thoni,
Silver Easy & Metica GLX
Red Spike R
Reply With Quote
  #23  
Old 05-03-2012, 12:04 PM
kendi_item kendi_item is offline
Junior Member
Knocker
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 2
Default

ooo...gitu ya...
jd perkiraan perlu dana 1jt-an...

anu,apakah biaya cabut dan masuk itu besarnya terhitung sama di semua samsat di semua provinsi/daerah? klo dr info p.thoni kan kyaknya masih di 1 provinsi...

makasih infonya...
Reply With Quote
  #24  
Old 05-06-2012, 01:37 PM
thoni's Avatar
thoni thoni is offline
Member
First Attack
 
Join Date: Aug 2010
Location: Tropodo, Sidoarjo
Posts: 32
Default

Quote:
Originally Posted by kendi_item View Post
ooo...gitu ya...
jd perkiraan perlu dana 1jt-an...

anu,apakah biaya cabut dan masuk itu besarnya terhitung sama di semua samsat di semua provinsi/daerah? klo dr info p.thoni kan kyaknya masih di 1 provinsi...

makasih infonya...
Koreksi sedikit, dana yg diperlukan 560rb-an, itu sudah termasuk pajak 1 tahun (170rb).
Kalau biaya mutasinya saja, 560rb-170rb= 390rb.
__________________
Thoni,
Silver Easy & Metica GLX
Red Spike R
Reply With Quote
  #25  
Old 05-07-2012, 10:27 PM
kichi kichi is offline
Member
First Attack
 
Join Date: Apr 2010
Location: palembang - jakarta (pp)
Posts: 46
Default

ikutan sharing,
yang selalu jadi pertanyaan n menggelitik soal terlambat bayar pajak kendaraan adalah soal ASURANSI

oke kalo pajaknya telat kita denda bayar keterlambatannya.

lha asuransi, untuk periode yang udah lewat kok masih suruh bayar?
pake denda lagi....
apakah kalo kita berkendaraan yang pajaknya mati, trus terjadi kecelakaan akan tetap dibayar asuransinya?
soalnya kan asuransinya akan tetap kita bayar juga ntar kalo pas bayar tunggakan, berikut denda pula.

ngerti kan yah maksud pertanyaan n kegalauan ane,
mohon pencerahannya
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +8. The time now is 01:41 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.4
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
Kymco Indonesia Community