Kymco Community  

Go Back   Kymco Community > Bincang Bebas > Hobi atau Kegiatan Lain

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 08-27-2010, 08:37 AM
Berharap Punya MyRoad's Avatar
Berharap Punya MyRoad Berharap Punya MyRoad is offline
Senior Member
Virus Lovers
 
Join Date: Feb 2009
Posts: 842
Default TANYA : Balik Nama Motor Karena Pindah KTP

mohon pencerahan bagi yang tahu,
ini ada kasus.... Mr. X punya motor di Jakarta a.n. sendiri yang dibuat berdasarkan KTP Jakarta
tapi karena satu dan lain hal... Mr. X pindah domisili ke provinsi Jateng
Mr. X telah mendapatkan KTP di tempat domisili yang baru dan
KTP Jakarta sudah ditarik oleh pihak berwajib



Pertanyaan-nya :
1. Masih bisakah Mr. X membayar pajak kendaraan di DKI Jakarta dengan KTP barunya (JATENG) ? mengingat KTP Jakarta sudah ditarik.
2. Bila Mr. X bermaksud memutasi BPKB sesuai domisi yang baru (Jateng) :
a. apakah tetap dikenakan BBN ? (mengingat tidak ada perpindahan status kepemilikan)
b. apakah prosedur pencabutan berkas di Samsat DKI Jakarta tetap wajib dilaksanakan terlebih dahulu ? (mengingat tidak ada perpindahan status kepemilikan)


Mungkin rekan-rekan yang sudah pernah mengalami kondisi seperti ini.
mohon di-share. terima kasih.
__________________
si Bodhol LX & si Ningrat LX : buat puter-puter Boyolali
si Pulsar Black Wolf : buat puter-puter AKAP
Reply With Quote
  #2  
Old 08-27-2010, 08:49 AM
Riza's Avatar
Riza Riza is offline
Super Moderator
Imunnized
 
Join Date: Feb 2007
Location: Yogyakarta
Posts: 12,974
Send a message via Yahoo to Riza
Default

1. Tergantung kebijakan, di DIY bisa, dengan bawa KTP dan C1nya, tentu ada biaya tambahan, di DIY 30rb kalau ga salah.
2. a. Tdk terkena BBN, karena mmg tidak ada ganti pemilik/pindah tangan
2. b. Mutasi tanpa balik nama, prosedur berlaku, biaya lumayan.
Trend2000 mutasi tanpa BBN antar kab/kodya habisnya 400-500rb yo tetep larang
Pemilik jadi seperti didenda, baik mutasi atau tetap bayar pajak di luar daerah, aneh banget aturannya
__________________

*Trend125cc 2000 & Like150cc 2010*
Ride a Legend !!! Ride Safe and Live Free !!!!!!!
Reply With Quote
  #3  
Old 08-27-2010, 09:18 AM
nu6i3s's Avatar
nu6i3s nu6i3s is offline
Senior Member
Virus Lovers
 
Join Date: Sep 2008
Location: WestProg-Semarang-Comal
Posts: 1,307
Default

Sebagai catatan biaya mutasi mtr dr jkt ke Jateng ternyata masih mahal juga (walaupun sudah ada program gratis BBN, tapi nilainya tidak seberapa) tetep jatuhnya bisa 1,3 jutaan. Dan setelah plat nomer yg baru keluar & sdh bayar pajaknya, ternyata nggak cuma berhenti sampe disitu. Harus didaftarkan juga ke Polda dan anehnya petugas di Samsat kok tidak memberitahu kalo harus ke Polda .
Kalo nggak th depan nggak bisa memperpanjang lagi karena tdk terdaftar di Kepolisian. Makanya kadang ada beberapa kendaraan (pas misal jual beli) dikira bermasalah karena tidak terdaftar di Polda, akhirnya jadi takut buru2 dilepas..
Di Polda BPKB yg lama ditarik, diganti yg baru. Habisnya 100 rb, 80 resmi, 20 nggak resmi
Reformasi di tubuh Polri/Pemda (maaf kalo ada yg tersinggung) sepertinya masih jalan di tempat, masih model selip2an duit di map (liat sendiri)di Samsat/Polda, proses pembuatan BPKB sebetulnya cepat bisa 5 menit tapi diperlambat jadi 2 hari/seminggu
__________________
Red on Black Phantom SR
Red Libero
Reply With Quote
  #4  
Old 08-27-2010, 09:42 AM
speedy's Avatar
speedy speedy is offline
Senior Member
Virus Doctor
 
Join Date: May 2008
Location: kendal-pekalongan pp
Posts: 1,937
Send a message via Yahoo to speedy
Default

Quote:
Originally Posted by nu6i3s View Post
Sebagai catatan biaya mutasi mtr dr jkt ke Jateng ternyata masih mahal juga (walaupun sudah ada program gratis BBN, tapi nilainya tidak seberapa) tetep jatuhnya bisa 1,3 jutaan. Dan setelah plat nomer yg baru keluar & sdh bayar pajaknya, ternyata nggak cuma berhenti sampe disitu. Harus didaftarkan juga ke Polda dan anehnya petugas di Samsat kok tidak memberitahu kalo harus ke Polda .
Kalo nggak th depan nggak bisa memperpanjang lagi karena tdk terdaftar di Kepolisian. Makanya kadang ada beberapa kendaraan (pas misal jual beli) dikira bermasalah karena tidak terdaftar di Polda, akhirnya jadi takut buru2 dilepas..
Di Polda BPKB yg lama ditarik, diganti yg baru. Habisnya 100 rb, 80 resmi, 20 nggak resmi
Reformasi di tubuh Polri/Pemda (maaf kalo ada yg tersinggung) sepertinya masih jalan di tempat, masih model selip2an duit di map (liat sendiri)di Samsat/Polda, proses pembuatan BPKB sebetulnya cepat bisa 5 menit tapi diperlambat jadi 2 hari/seminggu
lha ente tahu harus pake daftar2 polda dari siapa om?

wis pancen Polisi iku wis uang makane paling akeh, jaluk remunerasi, yo sisteme isih amburadul...
__________________
Menunggu yg better than the best

www.muslim.or.id
Reply With Quote
  #5  
Old 08-27-2010, 10:19 AM
nu6i3s's Avatar
nu6i3s nu6i3s is offline
Senior Member
Virus Lovers
 
Join Date: Sep 2008
Location: WestProg-Semarang-Comal
Posts: 1,307
Default

Quote:
Originally Posted by speedy View Post
lha ente tahu harus pake daftar2 polda dari siapa om?

wis pancen Polisi iku wis uang makane paling akeh, jaluk remunerasi, yo sisteme isih amburadul...
Dari toni, yg kebetulan mutasi juga. Kalo dia pas ngambil kebetulan dikasih tau oleh petugas samsat-nya.
Awalnya mutasi masuk dia ditolak di samsat, masalahnya cuma map yg dari Jkt kok bersih nggak ada coret2annya Akhirnya titip ke bapaknya Rio, lolos tuh
Quote:
wis pancen Polisi iku wis uang makane paling akeh, jaluk remunerasi, yo sisteme isih amburadul...
Waduh, apa nggak nyindir babemu sendiri nih..
__________________
Red on Black Phantom SR
Red Libero

Last edited by nu6i3s; 08-27-2010 at 10:27 AM.
Reply With Quote
  #6  
Old 08-27-2010, 10:26 AM
denmas's Avatar
denmas denmas is offline
Administrator
Living Virus
 
Join Date: Feb 2007
Location: Sepanjang Aspal Mulus
Posts: 4,096
Default

mudah2an berguna

Bagi Anda yang akan mengurus Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, dan lain-lain bersiaplah merogoh kantong lebih dalam. Pasalnya, tarif mengurus hal itu akan naik mulai besok, Sabtu ( 26/6/2010 ).

Kenaikan tarif itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Polri. "Peraturan itu ditetapkan tanggal 26 Mei 2010 dan mulai berlaku besok," ucap Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen (Pol) Edward Aritonang, di Mabes Polri, Jumat ( 25/6/2010 ).

Wakil Direktur Lalu Lintas Mabes Polri, Kombes Didik Purnomo, mengatakan, kenaikan tarif sekitar 80 persen hingga 100 persen. Alasan kenaikan, kata dia, untuk meningkatkan pelayanan."Tidak ada pungutan liar, meningkatkan kualitas SDM," jelas dia.

Dikatakan Didik, Polri menyetor seluruh uang yang diterima kepada kas negara. Kemudian, Polri akan menerima 90,4 persen dari dana yang disetor. "Satu bulan ini, kita sudah sosialisasikan ke masyarakat tentang perubahan ini," kata dia.

Berikut daftar tarif baru :

A. Penerbitan Surat Izin Mengemudi

- SIM A, SIM B I, dan SIM B II baru Rp 120.000 dan perpanjangan Rp 80.000.

- SIM C baru Rp 100.000 dan perpanjangan Rp 75.000

- SIM D baru Rp 50.000 dan perpanjangan Rp 30.000

- SIM Internasional Rp 250.000 dan perpanjangan Rp 225.000 .

B. Pelayanan uji keterampilan mengemudi melalui simulator perujian Rp 50.000

C. Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan

- Roda dua dan tiga, atau angkutan umum Rp 50.000

- Roda empat atau lebih Rp 75.000

D. Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK) Rp 25.000

E. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)

- Roda dua atau tiga perpasang Rp 30.000

- Roda empat atau lebih Rp 50.000

F. Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

- Roda dua atau tiga baru dan ganti kepemilikan Rp 80.000

- Roda empat atau lebih baru dan ganti kepemilikan Rp 100.000

G. Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Ke Luar Daerah Rp 75.000.
__________________
...The Silver Bullet...
Reply With Quote
  #7  
Old 08-27-2010, 02:48 PM
Berharap Punya MyRoad's Avatar
Berharap Punya MyRoad Berharap Punya MyRoad is offline
Senior Member
Virus Lovers
 
Join Date: Feb 2009
Posts: 842
Default

Quote:
Originally Posted by speedy View Post
lha ente tahu harus pake daftar2 polda dari siapa om?
aku juga ngalamin ni waktu ngurus Balik Nama TSR di Samsat Ciput**
setelah semua proses selesai... waktu mau ambil Nomor Plat Nomor langsung disambut sang petugas
"Pak mau 'nitip' nulis nama pemilik baru ke polda g ? biayanya bla... bla... bla..."
saya heran, "lho emang belum beres Mas ?"
petugas bilang, "itu kan di BPKB harus ditulis nama pemilik baru. Nulisnya di Polda, antrinya banyak, g bisa langsung jadi."

haduh sebel juga... masak masalah nulis pemilik baru di BPKB harus ke Polda
__________________
si Bodhol LX & si Ningrat LX : buat puter-puter Boyolali
si Pulsar Black Wolf : buat puter-puter AKAP
Reply With Quote
  #8  
Old 08-27-2010, 10:43 PM
trend125 trend125 is offline
Senior Member
Virus Addicted
 
Join Date: Oct 2008
Posts: 285
Default

kalo misalkan pindah alamat rumah masih satu daerah kabupaten alamat lama d soreang dan alamat baru d bojong soang, apa harus ganti stnk juga apa enggak yah? 2 taun lagi mo abis nih stnk.....
Reply With Quote
  #9  
Old 08-27-2010, 10:46 PM
Riza's Avatar
Riza Riza is offline
Super Moderator
Imunnized
 
Join Date: Feb 2007
Location: Yogyakarta
Posts: 12,974
Send a message via Yahoo to Riza
Default

Quote:
Originally Posted by trend125 View Post
kalo misalkan pindah alamat rumah masih satu daerah kabupaten alamat lama d soreang dan alamat baru d bojong soang, apa harus ganti stnk juga apa enggak yah? 2 taun lagi mo abis nih stnk.....
Tidak perlu.
__________________

*Trend125cc 2000 & Like150cc 2010*
Ride a Legend !!! Ride Safe and Live Free !!!!!!!
Reply With Quote
  #10  
Old 08-28-2010, 05:48 PM
ibrohimovich's Avatar
ibrohimovich ibrohimovich is offline
Senior Member
Virus Doctor
 
Join Date: Mar 2007
Location: BintarA / BintarO
Posts: 2,133
Send a message via Yahoo to ibrohimovich
Default

Quote:
Originally Posted by Berharap Punya MyRoad View Post
mohon pencerahan bagi yang tahu,
ini ada kasus.... Mr. X punya motor di Jakarta a.n. sendiri yang dibuat berdasarkan KTP Jakarta
tapi karena satu dan lain hal... Mr. X pindah domisili ke provinsi Jateng
Mr. X telah mendapatkan KTP di tempat domisili yang baru dan
KTP Jakarta sudah ditarik oleh pihak berwajib



Pertanyaan-nya :
1. Masih bisakah Mr. X membayar pajak kendaraan di DKI Jakarta dengan KTP barunya (JATENG) ? mengingat KTP Jakarta sudah ditarik.
2. Bila Mr. X bermaksud memutasi BPKB sesuai domisi yang baru (Jateng) :
a. apakah tetap dikenakan BBN ? (mengingat tidak ada perpindahan status kepemilikan)
b. apakah prosedur pencabutan berkas di Samsat DKI Jakarta tetap wajib dilaksanakan terlebih dahulu ? (mengingat tidak ada perpindahan status kepemilikan)


Mungkin rekan-rekan yang sudah pernah mengalami kondisi seperti ini.
mohon di-share. terima kasih.

Nomor 1
TIDAK BISA, karena modal utama perpanjang adalah KTP asli. Kecuali untuk balik nama itu bisa dengan fotokopi KTP.
Nomor 2
Daripada mutasike Jateng mendingan balik nama atas nama saudara yang ada di Jakarta. Karena disamping harganya yang cukup mahal,prosesnya juga rada ribet [seperti cabut berkas,etc.
__________________
Rokok ade, Uang Parkir ade, Bensin Ade, selebihnya saya serahkan yang diatas ajah
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +8. The time now is 11:10 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
Kymco Indonesia Community